Apa itu Industrial Organization?

Jika pada teori manajemen yang dipelajari sebelumnya perspektifnya adalah individu, atau orang, atau bagian dari organisasi. Maka industrial organization perspektifnya adalah perusahaan, maka yang dipelajari adalah bagaimana perusahaan atau organisasi berperilaku.

Apa itu industrial organization?

  • Adalah tentang mengamati perilaku perusahaan dalam suatu industri
  • Fokus pengamatan adalah bagaimana perusahaan berperilaku
  • Unit analisisnya adalah perusahaan.
  • Yang dipelajari adalah bagaimana perusahaan atau organisasi mengambil tindakan baik yang rasional maupun irrasional dalam rangka merespon pasar.
  • Sementara Kalau manajemen pemasaran unit analisisnya adalah konsumen, manajemen keuangan unit analisisnya pasar (investor), kalau SDM unit analisisnya adalah pegawai, leader atau tim.

Ada yang mengatakan bahwa industrial organizatioan adalah turunan dari strategic management. Apa yang membedakan antara strategic manajemen dengan industrial organization?

  • Pada strategic management sering mengasumsikan bahwa perusahaan adalah entitas yang terisolasi. Misalnya dalam penentuan visi-misi, dibuatlah visi misi dan dievaluasi dengan tools. Asumsinya adalah perusahaan tersebut adalah sendiri dan mengabaikan ada kompetitor, hingga pada akhirnya perusahaan akan berperilaku berdasarkan strategi tersebut.
  • Sementara pada Industrial Organization, perusahaan diasumsikan bahwa tidak dapat dipisahkan dari lingkungan eksternalnya. Artinya tidak mungkin dipandang bahwa entitas tersebut terisolasi, pasti bagaimana perusahaan tersebut berperilaku akan dipengaruhi oleh lingkungannya.

Untuk menjelaskannya, kita gunakan contoh Honda dan Yamaha.

  • Honda dikenal sebagai perusahaan yang fokus pada industri yang sama (mesin, otomotif, dsb)
  • Yamaha dikenal selain sebagai perusahaan otomotif, juga memiliki unit bisnis yang lain, seperti: alat musik.

Jika Honda fokus pada satu industri, sementara Yahama melakukan diversifikasi. Mana yang lebih rasional?. Apakah fokus atau diversifikasi?.

  • Ini yang harus di-challenge, apakah hal tersebut adalah konsep yang benar-benar solid untuk menjelaskan perilaku perusahaan, atau hanya merupakan rationalize myth (mitos yang dirasionalisasikan)?.
    • Mitos yang dirasionalisasi contohnya: Fokus pada satu industri adalah lebih baik dibanding diversifikasi, begitu sebaliknya.

Dalam industrial organization intinya adalah mencari framework untuk menjelaskan bagaimana industri berperilaku. Untuk memberikan justifikasi perilaku tersebut tidak cukup dengan data historis, namun harus diketahui mengapa berperilaku seperti hal tersebut?”

Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan

  • Economic of scale adalah bermain dengan volume, kuantiti dapat menurunkan cost. Perusahaan harus fokus pada industrinya.
    • Dengan kata lain konsepnya adalah Bigger is better dan long run activity. Diyakini bahwa dengan diproduksinya secara banyak akan menurunkan cost per unit.
  • Economic of scope adalah meningkatkan variasi akan membantu skala ke-ekonomian, atau banyaknya variasi akan membantu perusahaan menurunkan cost. Pada konsep ini dengan diyakini bahwa fixed cost akan tersebar pada setiap unit sehingga menjadi lebih murah. Contoh: Hotel yang sebenarnya ditujukan untuk menginap, namun jika diberi variasi layanan, seperti: konfrensi, seminar, pelatihan, pesta perkawinan, jasa catering, dll, maka biaya per unit akan murah.

Contoh kedua tentang, mana yang lebih baik Menjadi perusahaan yang pertama atau yang kedua?. (seperti contoh: Apple dan Samsung).

Mana yang lebih rasional, menjadi perusahaan yang pertama (first mover) atau perusahaan yang kedua (second advance mover)?. Baik menjadi perusahaan pertama atau kedua, tentu ada argumen rasionalnya. Yang menjadi menarik adalah perusahaan mengambil tindakan yang tidak rasional. Misalnya logikanya yang terbaik adalah menjadi perusahaan yang pertama karena akan dikenal sebagai perusahaan yang unggul, dsb. Namun ada juga perusahaan yang dengan sengaja memilih menjadi perusahaan yang kedua (tidak rasional). Tindakan ini mungkin adalah tindakan tidak rasional yang paling rasional.

Kesimpulan:

Industrial Organization adalah bidang ilmu yang mempelajari perilaku perusahaan pada industri, juga keputusan-keputusannya. Termasuk keputusan irrasional yang paling rasional (konsep Behavioral economic).

Leave a comment